Rabu, 25 Juni 2008

Membangun Visi Departemen SDM

Membangun Visi Departemen SDM

Prolog :

Maxmell Maltax :

“ We act ,or fail to act, not because of “will”. As is so commonly believed, but because of imagination”

Keberhasilan atau gagalnya tindakan kita. Bukan karena oleh ada atau tidak adanya “kemauan” sebagaimana yang dipercaya selama ini, melainkan karena ada atau tidak adanya imajinasi”

Sebagaimana yang sudah dibahas sebelumnya bahwa untuk menghadapi tantangan dimasa yang akan datang, sudah selayaknya dept SDM melakukan perubahan, sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, mengenai peran baru yang harus diemban oleh dept SDM sebagai agen perubahan (change agent). Perubahan itu, terutama dalam kaitannya mengelola SDM perusahaan, dan perubahan apa yang diinginkan tentu merupakan mimpi dari para pengelola dept SDM untuk menjadikan dept SDM berperan lebih lagi bagi perusahaan. Selain itu juga adalah peran bagi departemen lain dilingkungan perusahaan, mengenai apa yang harus diinginkan untuk menyongsong masadepan Perusahaan..

Mimpi atau keinginan itulah yang akan kita jadikan visi dari dept SDM, namun apakah mimpi itu akan terwujud atau setidaknya bisa terealisasi, tentunya kita harus merencanakan secara akurat perubahan yang akan dilakukan. Yang perlu diketahui adalah bahwa untuk membangun sebuah visi, kita terlebih dahulu harus mampu merumuskan turunan dari rencana atau strategi besar dari perusahaan yang merupakan bagian dari Dept SDM

Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai apa dan bagaimana membangun Visi dept SDM.

Visi adalah gambaran masa depan yang diinginkan organisasi dan digunakan sebagai pedoman bagi setiap pihak yang berkepentingan didalam organisasi untuk menghasilkan perubahan. Adapun kriteria untuk pernyataan visi :

- Berorientasi masa depan

- Menghadirkan suatu citra dari perusahaan

- Idealistik

- Unik

- Dapat menjadi sumber inspirasi

- Mengintegrasikan semua kegiatan (jenjang,fungsi,lokasi)

- Menstimulasi prilaku-prilaku dan ide-ide baru.

Satu contoh visi dept SDM dari Perusahaan Sony :

” To be the best in the world at identifyng,acquiring. Developing and retaining human competencies required for Sony’s competitivness and costumer satisfaction”

Selanjutnya mari kita bangun atau kita lahirkan sebuah visi untuk dept SDM perusahaan melalui sebuah kegiatan yang kita sebut Visioning. Nah selamat membangun visi dan realisasikanlah mimpi anda untuk dept SDM

Tidak ada komentar: